Skip to main content

pengertian ciri-ciri dan contoh paragraf deduktif dan induktif

pengertian ciri-ciri dan contoh paragraf deduktif dan induktif

Dalam paragraf deduktif, klaim biasanya diberikan dalam kalimat pertama paragraf. Kalimat yang mengandung klaim, yang merupakan titik utama paragraf, sering disebut sebagai 'kalimat topik'. Kalimat topik kemudian dikembangkan di sisa paragraf dengan bukti dan penalaran yang mendukung klaim awal. 

Paragraf induktif dimulai dengan bukti atau alasan yang mengarah ke 
pernyataan klaim Penulis pada akhir paragraf. Oleh karena itu paragraf induktif 'berorientasi pada kesimpulan'. Kesimpulan utama adalah bagian paling penting dari penalaran dan biasanya muncul di akhir paragraf.

Pengertian Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif adalah paragraf yang menempatkan gagasannya pada awal paragraf. Biasanya paragraf deduktif terdiri dari sebuah pernyataan umum yang disambung dengan penjelasan-penjelasan. Dalam artian membahas sesuatu yang umum baru kemudian menjadi khusus.

Pengertian Paragraf Induktif

paragraf induktif adalah paragraf yang meletakkan gagasannya di akhir kalimat, dan memiliki bentuk penjelasan dari khusus ke umum, kebalikan dari paragraf deduktif.

Ciri-Ciri Paragraf Deduktif

1. Gagasan utama pada paragaf deduktif terletak pada kalimat utama yang berada di awal paragraf.
2. Paragraf ini memiliki pola pengembangan umum khusus.

Ciri-Ciri Paragraf Induktif

1. Diawali dengan penjelasan-penjelasan khusus.
2. Kemudian digeneralisasikan menjadi sebuah kesimpulan berdasarkan penjelasan-penjelasan khusus.
3. Kesimpulan yang merupakan kalimat utama terdapat di akhir paragraf.

Contoh Paragraf Deduktif

1. Negeri Indonesia adalah Negara kepulauan. Negeri ini disebut demikian karena memiliki ribuan pulau yang terbentang dari sabang hingga merauke. Hampir semua pulau – pulau tersebut telah mendapatkan nama dan berpenghuni. Namun, ada juga pulau yang belum memiliki nama dan tidak berpenghuni. Ribuan pulau tersebut terdiri dari pulau – pulau kecil dan pulau besar. Indonesia memiliki 5 pulau besar diantaranya adalah pulau sumatera, pulau jawa, pulau Kalimantan, pulau Sulawesi, dan pulau irian jaya. Sedangkan untuk pulau kecil Indonesia kira – kira memiliki ribuan pulau. 

2. Hari ini merupakan hari yang paling istimewa bagiku. Banyak sekali kebahagiaan yang aku dapatkan. Dimualai dari ayahku yang tiba – tiba mengetuk pintu kamarku dengan membawa hadiah pagi ini. Hadiah itu merupakan benda yang sangat aku inginkan dalam beberapa minggu terakhir ini. Kebahagiaan ku terus berlanjut hingga di sekolah. Hari ini hasil ujian matematika ku keluar dan aku mendapatkan nilai 9. Sungguh aku tak menyangka aku bisa mendapatkan nilai sebesar itu, tetapi bagaimanapun juga aku harus bersyukur. Setelah pulang dari sekolah, aku mendapatkan kejutan dari teman – temanku. Mereka membawakan ku kue ulang tahun dan kado yang sangat banyak. Lalu pada malam harinya aku dan keluargaku merayakan ulang tahunku dengan mengadakan acara makan malam di luar. 

3. Tekhnologi komunikasi telah berkembang dengan sangat pesat. Pada awalnya manusia mengirimkan kabar kepada koleganya yang jauh dengan menggunakan merpati. Setelah beberapa dekade, manusia mulai menemukan cara baru yaitu dengan menggunakan surat. Penggunaan surat ini bertahan cukup lama, tetapi setelah ditemukannya tekhnologi komputer dan satelit barulah tekhnologi komunikasi tercipta yaitu handphone. Penemuan ini memudahkan manusia dalam hal berkomunikasi. Mereka kini bisa mengirimkan kabar kepada koleganya kapanpun dan dimanapun.

Contoh Paragraf Induktif

1. Saat ini kita sudah memasuki musim penghujan, banyak sampah yang menumpuk akibat kita erring membuang sampah sembarangan. Telebih lagi mendangkalnya permukaan saat ini. Oleh karena itu tidak mengeherankan banjir selalu datang setiap hari.

2. Budi suka menolong setiap orang, dia selalu ramah kepada siapapun, tidak seperti adiknya Ari yang suka menjahili orang. Ari terkenal karena kenakalannya dari pada prestasinya, itulah mengapa kedua saudara ini mendapat perlakuan beda dari teman-temannya.

3. Setelah ujian anak-anak di periksa, ternyata nilai mereka baragam. Sebanyak 20 siswa nilainya melebihi standar kelulusan. 10 siswa mendapat nilai tepat pada standar kelulusan dan tidak ada seorangpun yang mendapat nilai dibawah standar, bisa dikatakan kegiatan belajar di kelas ini cukup berhasil.

Sekian artikel saya yang membahas tentang pengertian ciri-ciri dan contoh paragraf deduktif dan induktif, semoga artikel saya kali ini bisa bermanfaat…

Comments